Pemateri : Munif Chatib
Resume ke 4 Grup Menulis
Oleh: Aam Nurhasanah, S.Pd.
GURU SMP MATHLA UL HIDAYAH CIPANAS (LEBAK)
Resume ini adalah resume ke-4 yang saya buat. Pemateri kali ini adalah seorang penulis buku Best Seller "GURUNYA MANUSIA" dan mampu menghipnotis saya supaya berani menulis. Kuliah online ini dimulai melalui aplikasi whatsapp. Pertama moderator kita yaitu Om Jay http://omjaylabs.blogspot.com/ mempersilahkan pak Munif untuk membuka kuliah online dengan menyuguhkan sebuah video durasi 13 menit berikut linknya https://youtu.be/-tGJsRRQrV0. Isi video tersebut berisi 3 momen spesial saat mengajar.
Momen spesial adalah kejadian khusus yang terjadi dalam roses pembelajaran antara guru dengan siswa baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Moment spesial meliputi:
Momen spesial adalah kejadian khusus yang terjadi dalam roses pembelajaran antara guru dengan siswa baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Moment spesial meliputi:
- perubahan motivasi dari semula tidak minat kelas kita, siswa jadi minat dan suka
- perubahan kemampuan dari semula tidak mampu menguasai materi jadi mampu menguasi materi yang diajarkan.
- perubahan sikap dari semula tidak rajin, menjadi rajin atau saebaliknya.
Setelah kami melihat video tersebut, kami diberi bahan bacaan artikel berjudul 80 MENIT DI KELAS NERAKA. Artikel ini menceritakan bahwa “Itu kelas paling nakal, siswanya tidak bisa diatur. Hampir semua guru
kewalahan mengajar di kelas itu. Siswanya tidak menghargai guru. Membuat
‘geregetan’ guru dan akhirnya semangat guru menurun kala harus mengajar di kelas
tersebut. Dan temanya adalah ‘MENGHORMATI GURU’,” ucap kepala sekolah
tersebut kepada Pak Munif. Pak Munif akhirnya masuk ke dalam kelas dan berhasil menguasai kelas. anak-anak yang tadinya di cap Nakal dan Biang Kerok malah semangat mengikuti kelas. Sampai 80 menit pun berlalu dengan singkatnya. Diawali dengan memancing impian setiap siswa, menuliskan nama guru yang tidak disukai dan alasannya, yang terakhir ucapan maaf beserta tangis dan haru dari siswa kepada semua guru.
Kesimpulan:
Dalam artikel itu dijelaskan pula di awal dan penutup itu bagian terpenting dalam pembelajaran. Kita sebagai guru harus bisa menarik minat siswa (memotivasi), untuk mau mengikuti kelas. Bukan malah menyuruh siswa untuk mencatat buku sampai habis. Oleh karena itu sebenarnya tidak ada istilah siswa NAKAL melainkan siswa yang belum terpenuhi kebutuhannya.
Kesimpulan:
- moment special dapat dijadikan bahan untuk menulis
- berlatih untuk menulis
- tuangkan semua kejadian dalam sebuah tulisan
- guru harus memainkan tiga peran yaitu sebagai guru, orangtua, dan teman.
- lebih peka terhadap siswa.
Dalam artikel itu dijelaskan pula di awal dan penutup itu bagian terpenting dalam pembelajaran. Kita sebagai guru harus bisa menarik minat siswa (memotivasi), untuk mau mengikuti kelas. Bukan malah menyuruh siswa untuk mencatat buku sampai habis. Oleh karena itu sebenarnya tidak ada istilah siswa NAKAL melainkan siswa yang belum terpenuhi kebutuhannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar